Komponen Utama Pada Mesin Mobil

Komponen Utama  Pada Mesin Mobil 

Komponen mesin merupakan bagian bagian utama yang yang di butuhkan dalam suatu kendaraan dimana komponen itu memiliki fungsi penting gan saling membutuhkan. Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa komponen penting dalam sebuah mesin bensin khususnya.

Baca juga | Perinsif Kerja Mesin 4 Tak Dan 2 Tak

Kontruksi Mesin

  1. Kepala silinder (Cylinder head)
  2. Blok silinder (Cylinder block)
  3. Bak oli (Carter)
  4. Torak /seher (Piston) dan kelengkapanya
  5. Poros engkol (crank shaft)
  6. Poros hubungan (cam shaft)
  7. Mekanisme katup (valve mecanisme)
  8. Gigi timing (Timing gear)
  9. Roda penerus (Fly wheel)

Fungsi Dari Kontuksi Mesin

1. Kepala Silinder (Cylinder head)

Pada kepala silinder terdapat mekanisme katup yang didalamnya terdiri dari beberapa komponen, seperti katup, spring, valve guide, valve seat, dan lain sebagainya. Ada beberapa macam mekanisme katup yang digunakan pada mobil-mobil saat ini, seperti ohv, ohc, dohc dan lain sebagainya. berikut fungsi dari kepala silinder (Cylinder head)

1. Sebagai ruang pembakaran
2. Untuk menempatkan mekanisme katup
3. Tempat pemasangan busi
4. Tempat pemasangan saluran masuk dan saluran buang
5. Tempat mantel pendingi (water jacket)

2. Blok silinder (Cylinder block)

Blok silinder merupakan rumah dari mekanisme engkol, pada blok silinder juga terdapat silinder yang digunakan sebaga lalulintas piston utuk naik turun ketika mesin bekerja. Secara garis besarnya blok silinder (Cylinder block) berfungsisebagai berikut.


  1. Sebagai kedudukan silinder dan kepala silinder.
  2. Sebagai rumah mekanisme engkol (poros engkol, con rod, piston dll)
  3. Tempat terjadinya proses langkah langkah pembakaran
  4. Didalamnya terdapat silinder yang berfungsi sebagai tempat piston naik turun untuk menghasilkan langkah usaha.

3. Bak oli (Carter)

Bak oli merupaka tempat untuk menampung oli yang di gunakan untuk melumasi seluruh komponon yang berada didalam mesin. Didalam bak oli juga terdapat pompa oli yang berperan penting untuk mengirimkan oli kepada komponen yang membutuhkan.

4. Torak /seher (Piston) dan kelengkapanya

Piston sendri sangat berperan penting sebagai penerima tekanan hasil pembakaran campuran gas dan meneruskan tekanan untuk memutar poros engkol (crank shaft) melalui batang piston.

1. Piston ring
2. Piston
3. Small end
4. Piston pin
5. Connecting rod
6. Connecting rod bearing
7. Connecting rod journal
8. Connecting rod cap

5. Poros engkol (crank shaft)

Poros engkol berfungsi untuk merubah gerak bolak balik atau naik turun piston menjadi energi putar. Bentuk poros engkol di tentukan oleh banyak jumlah dari piston, semakin banyak maka semakin panjang. berikut komponen yang terdapat pada poros engkol

1. crank pin
2. crank journal
3. crank arm
4. crankshaft bearing / lager
5. balance weight
6. lubang oli

 6. Poros hubungan (cam shaft)


Poros hubungan merupakan sebuah alat yang digunakan dalam mesin torak untuk menjalankan valve poppet. Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katup dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar.
Hubungan antara perputaran camshaft dengan perputaran poros engkol sangat penting. Karena katup mengontrol aliran masukan bahan bakar dan pengeluaran, mereka harus dibuka dan ditutup pada saat yang tepat selama stroke piston. Untuk alasan ini, camshaft dihubungkan dengan crankshaft secara langsung, atau melalui mekanisme "gear", atau secara tidak langsung melalui rantai yang disebut rantai waktu. Dalam beberapa rancangan camshaft juga menggerakkan distributor, minyak dan pompa bahan bakar. Juga dalam sistem injeksi bahan bakar dahulu, cam di camshaft akan mengoperasikan penginjeksi bahan bakar tersebut.

7. Mekanisme katup (valve mecanisme)

Katup merupakan komponen yang mengatur penyuplaian masuk dan pembuangan bahan bakar. Berikut ini komponen/bagian yang terdapat pada katup.

1. Rocker arm
2. Valve spring
3. Valve
4. Push rod
5. Valve lifter
6. Camshaft

8. Gigi timing (Timing gear)

Timing gear dapat diartikan sebagai gigi penghubung untuk mentransfer putaran crankshaft ke perlengkapan engine yang membutuhkan tenaga putar. Jumlah gigi dan susunannya bergantung pada model engine. Timing gear terdiri dari gigi penggerak yang berputar bersama crankshaft melalui perantara idler gear.

9. Roda penerus (Fly wheel)

Fungsi flywheel adalah sebagai menyimpan tenaga putar (inertia) di dalam mesin. Pada saat tenaga mesin bertambah, putaran juga bertambah, kelebihan tenaga tersebut akan tersimpan di dalam flywheel. Pada saat mesin kekurangan tenaga, flywheel akan menyuplai tenaga yang telah disimpan sebelumnya. Hasilnya mesin dapat berputar dengan selaras dan rata, sebagai akibat dari getaran tenaga yang dihasilkan flywheel.


Bagaimana kawan apakah sudah mengerti tentang Komponen Utama Mesin Pada Mobil saya rasa itu inti utama dari kontruksi misin, sekian artikel yang saya buat ini apabila anda semua ingin mengetahui lebih  dalam tentang otomotif bisa langsung kunjungi Ottofriends yang akan selalu berbagi ilmu otomotif
Komponen Utama Pada Mesin Mobil Komponen Utama  Pada Mesin Mobil Reviewed by Unknown on 20.43.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.