Pengertian Engine atau Mesin

Pengertian Engine atau Mesin
Hallo sobat ini adalah postingan pertama saya di salah satu domain yang saya miliki. Dulunya saya adalah seorang siswa smk yang kebetulan ngambil jurusan otomotif, pada pertemuan pertama kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya peroleh waku masih sekolah dulu. Sesuai dengan judul artikel ini saya akan membahas pengertian atau definisi engine atau mesin.


Pengertian Engine atau Mesin

Pada dasarnya engine atau mesin pada mobil atau sepeda motor dan yang berhubungan dengan bahan bakar itu bersifat sama, sama sama merubah energi panas menjadi energi gerak dalam arti Engine sendri adalah sekumpulan  kompone yang mengubah tenaga panas menjadi tenaga penggerak bisa disebu dengan mesin atau motor bakar. Tenaga panas yang dihasilkan diluar mesin disebut dengan motor pembakar luar (external combustion engine) dan tenaga yang di hasilkan didalam mesin disebut dengan motor pembakar dalam (internal combustion engine).



Berdasarkan proses cara kerjanya motor pembakaran dalam dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Pengertian 4 tak

Motor 4 tak adalah motor yang dalam siklus kerjanya membutuhkan 4 kali piston bolak-balik, 2 kali putaran poros engkol dan menghasilkan 1 kali langkah usaha.


  • Pengertian 2 tak
Motor 2 tak adalah motor yang dalam siklus kerjanya hanya membutuhkan 2 kali piston-bolak balik,1 kali putaran poros engkol dan menghasilkan 1 kali langkah usaha.

Langkah usaha ini nantinya akan diubah dengan mekanisme tertentu sehingga dapat menggerakkan sebuah motor atau mobil, semakin besar dan banyak langkah usahanya, maka semakin besar pula tenaga dan kecepatan mobil atau motor tersebut

Nah sobat semua itulah kira kira seperti itulah secara garis besar pengertian Mesin atau Engine, Semoga bermanfaat andai kata ada yang kurang jelas silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar yang sudah tersedia,

Pengertian Engine atau Mesin Pengertian Engine atau Mesin Reviewed by Unknown on 23.06.00 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.