Perinsip Kerja Mesin 4 Tak Dan 2 Tak

Perinsip Kerja Mesin 4 Tak Dan 2 Tak
Sebelum kita mulai pembahasannya pertama-tama, kita harus ketahui apa itu mesin dan bagai mana cara kerjanya, untuk pembahasan lebil lanjut, dan bagaimana detailnya, silahkan simak ulasannya di artikal berikut, Pengertian Engine atau Mesin. Didalam mesin itu terdapat 4 siklus berdasarkan cara  kerjanya yaitu siklus hisap/intake, siklus kompresi/compression, siklus usaha/power dan siklus buang/exhaust. Kita akan membahas mesin 4 tak terlebih dahulu

Perinsip Kerja Mesin 4 Tak 


Mesin 4 tak adalah  mesin motor yang dalam siklus kerjanya membutuhkan 4 kali piston bolak-balik, 2 kali putaran poros engkol dan menghasilkan 1 kali langkah usaha. Mesin bakar dengan melakukan 2 putaran kruk as/crankshaft. Mesin ini berputar 2 kali untuk melakukan 4 siklus, sehingga 1 putaran kruk as/crankshaft (360 derajat) melakukan 2 siklus. Dimana, mesin ini kurang responsif dibandingkan mesin 2 tak tetapi mesin ini lebih effisien dikarenakan mesin ini lebih ramah lingkungan karena mesin ini hanya meminum bensin saja, tidak ada oli samping. Mesin ini mengeluarkan tenaga relatif di putaran/RPM lebih rendah dibandingkan mesin 2 tak, dan tenaga yang dikeluarkan lebih rendah juga.

Mesin yang menggunakan klep/valve ini akan digerakan oleh noken as yang berputar akan mendorong push rood tidak dipakai oleh mesin 2 tak, sehingga semua siklus yang harus dilakukan lebih sempurna. 

Langkah Kerja Motor 4 Tak yaitu:
  1. Langkah Isap: Piston bergerak dari Titik Mati Atas(TMA) menuju Titik Mati Bawah(TMB) dengan katup In membuka, Campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar.
  2. Langkah Kompresi : Piston bergerak dari TMB menuju TMA dengan kedua katup menutup. Udara ditekan sehingga kompresi menjadi tinggidan kemudian busi memercikkan bunga api.
  3. Langkah Usaha : Piston bergerak dari TMA menuju TMB karena dorongan daya ledakan dari percikan bunga api busi.
  4. Langkah Buang : Piston bergerak dari TMB menuju TMA dengan katup Ex membuka, gas sisa pembakaran didorong keluar menuju pembuangan.



Oke sobat semua mari kita bahas lebih dalam mengenai siklus kerja mesin 4 tak :

1. Langkah ke 1 ( Isap )

Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukkan.


2. Langkah ke 2 ( Kompresi )

Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi (pada mesin bensin berupa nyala busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan (suntikan) bahan bakar).


3. Langkah ke 3 ( Usaha )

Gas yang terkena percikan bunga api akan terbakar dalam ruang bakar dan menimbulkan ledakan di dalam ruang bakar, sehingga mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah tersebut adalah proses dimana akan menghasilkan tenaga.


4. Langkah ke 4 (Buang)

Piston bergerak dari TMB ke TMA, Posisi katup masuk terutup dan katup keluar terbuka, sehingga mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.


 Perinsip Kerja Mesin  2 Tak

Mesin 2 tak adalah mesin motor yang dalam siklus kerjanya membutuhkan 2 kali piston bolak-balik, 1 kali putaran poros engkol dan menghasilkan 1 kali langkah usaha.Dimana, pada mesin 2 tak tidak memakai klep/valve dan noken as/camshaft seperti di mesin 4 tak, sebagai gantinya mesin 2 tak memakai membran yang berada setelah karburator.

Karena mesin 2 tak dalam 1 putaran kruk as/crankshaft melakukan 4 siklus kerja, maka mesin 2 tak ini lebih responsif dan akselerasinya lebih bagus. Mesin ini akan menghasilkan tenaga yang besar pada saat putaran/RPM tinggi sehingga membuat mesin ini lebih banyak meminum bahan bakar, dan ke untungannya mesin ini menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin 4 tak. Selain bahan bakar bensin mesin 2 tak juga memerlukan oli samping untuk menambah performa mesin ini.

Langkah kerja Motor 2 Tak Yaitu :
  1. Pison bergerak dati TMB menuju Ke TMA : di bawah torak terjadi langkah Isap( pemasukan bahan bakar dari karburator ke ruang poros engkol). Sedangkan diatas torak terjadi langkah kompresi dan langkah pembakaran
  2. Piston Bergerak dari TMA menuju Ke TMB : diatas torak terjadi langkah buang dan usaha, Sedangkan dibawah torak terjadi langkah pembilasan( pemasukan bahan bakar baru yang ditampung dari ruang poros engkol menuju ke ruang bakar melalui saluran bilas)




Langkah ke 1

Piston bergerak dari TMA ke TMB.
  1. Saat piston bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB akan semakin meningkat pula tekanan di ruang bilas.
  2. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan (exhaust) dan lubang pemasukan(intake).. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
  3. Pada saat piston melewati lubang pembuangan (exhaust), gas sisa pembakaran di dalam ruang bakar akan dibuang melalui lubang pembuangan.
  4. Pada saat piston melewati lubang pemasukan (intake), gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa/terdorong masuk ke dalam ruang bakar, sekaligus mendorong keluar sisa gas pembakaran di dalam ruang bakar menuju lubang pembuangan (exhaust).
  5. Piston akan menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa bahan bakar dan udara dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar.

Langkah ke 2

Piston bergerak dari TMB ke TMA.
  1. Piston bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi.
  2. Saat melewati lubang pemasukan (intake) dan lubang pembuangan (exhaust), piston akan mengkompresi gas yang sudah dimanpatkan di dalam ruang bakar.
  3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
  4. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan memercikan bunga api untuk membakar gas didalam ruang bakar. Percikan bunga api tejadi tidak pada saat piston sampai ke TMA, melainkan terjadi sebelumnya. Ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran dalam ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB, karena proses pembakaran membutuhkan waktu untuk bisa membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.


Nah sobat semua seperti itulah Perinsip Kerja Mesin 4 Tak Dan 2 Tak semoga berguna dan bermanfaat, apabila kami kurang pas dalam menyampaikannya silahkan mengasih tahu ke kami.
kurang lebihnya seperti itu ilmu yang pernah saya pelajari waktu masih sekolah dulu, 
Perinsip Kerja Mesin 4 Tak Dan 2 Tak  Perinsip Kerja Mesin 4 Tak Dan 2 Tak Reviewed by Unknown on 02.07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.